Apakah Membeli Emas Adalah Investasi Yang Baik?

Paul Malone / 13/02/2017

Secara historis, emas telah memainkan peran utama dalam ekonomi banyak negara. Meskipun tidak lagi menjadi bentuk utama dari mata uang, emas masih merupakan investasi jangka panjang yang solid dan dapat menjadi tambahan portofolio yang berharga, terutama di pasar meningkat.

Emas dianggap sebagai mata uang universal  untuk ratusan tahun. Karena nilainya diakui di seluruh dunia, standar emas digunakan sejauh kekaisaran Bizantium lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Sampai saat ini, pada kenyataannya, emas di gunakan sebagai mata uang cadangan dunia.

Pada tahun 1994, setelah penandatanganan perjanjian Bretton Woods, dollar diganti dengan emas sebagai mata uang cadangan dunia. Tapi bahkan setelah perjanjian ini, emas terus di gunakan untuk cadangan mata uang domestik  berbagai negara. Namun, pada tahun 1971, Richard Nixon dihapus standar emas di AS dan negara- negara lain segera mengikuti.

  • Keuntungan Emas sebagai Investasi

Likuiditas. Emas dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai dimana saja di dunia. Selain uang tunai yang sebenarnya, likuiditas dan universalitas emas tak tertandingi.

Memegang nilainya. Emas cenderung untuk mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Ekonomi berpendapat bahwa bahkan harga emas tidak menunjukkan nilainya. Artinya, bahkan jika harga menurun, nilai yang mendasari emas tidak banyak berubah. Hal ini terutama karena ada kuantitas tetap  emas karena fakta bahwa itu adalah komoditas, sedangkan dollar AS, yang merupakan bentuk mata uang  fiat, tidak memegang nilai yang melekat.

Lindungi nilai terhadap inflasi. Emas naik nilai ketika inflasi mulai berjalan. Sejak harga emas dalam dollar AS, setiap penurunan dolar secara logis akan menyebabkan  harga yang lebih tinggi dari emas. Akibatnya, pada saat inflasi, emas menawarkan investasi yang jauh lebih stabil daripada uang tunai.

Diverifikasi. Menambahkan efek yang berbeda untuk portofolio anda adalah cara penting untuk diversifikasi dan menurunkan resiko keseluruhan investasi anda. Selain itu, karena emas sering bergerak terbalik terhadap pasar saham dan nilai mata uang, ia menyediakan cara yang sangat efektif untuk diversifikasi.

Secara Universal di inginkan investasi. Emas masih merupakan komoditas universal. Meskipun negara-negara menjual masa depan mereka mata uang, kas, dan surat berharga lainnya di seluruh dunia, seperti emas, mereka menjadi sasaran kekacauan politik.

Emas digunakan sebagai masukan dalam produk. Karena emas di gunakan dalam produksi sebagai produk termasuk perhiasan dan elektronik, ada permintaan yang handal yang lebih menstabilkan harga emas. Selain itu, pada saat permintaan meningkat, pasar ini dapat memaksa harga emas lebih tinggi.

  • Kerugian Investasi di Emas

Sementara emas  bisa menjadi investasi besar untuk sejumlah alasan yang di sebutkan di atas, menyadari kerugian sebelum berinvestasi.

Emas tidak memperoleh penghasilan pasif. Investasi lain seperti saham dan obligasi mungkin berasal dari sebagian nilai mereka dari pendapatan pasif dalam bentuk bunga dan dividen. Namun, satu-satunya kembali anda dapat membuat emas adalah ketika nilai meningkat dan anda memutuskan untuk menjual.

Ketika ekonomi bergejolak, banyak orang mulai berinvestasi di emas, tetapi ketika investor mulai panik, emas bisa menjadi mahal. Hal ini, pada giliran nya, berarti bahwa investasi anda bisa kehilangan nilai setelah harga teratasi sendiri.

Butuh penyimpanan fisik dan asuransi. Jika anda memilih untuk membeli yang sebenarnya, emas fisik, anda tidak akan hanya perlu menyimpan nya, tetapi anda akan perlu untuk memastikan itu juga. Jika tidak, Anda tidak akan dapat mengganti nya jika menjadi rusak atau dicuri.

Kapital keuntungan tarif pajak yang lebih tinggi pada sebagian besar investasi emas. Karena emas di anggap sebagai koleksi AS, tarif pajak keuntungan modal adalah 28%, yang jauh lebih tinggi daripada tingkat keuntungan modal biasa 15%. Yang mengatakan, perusahaan tambang yang tidak berinvestasi di emas langsung masih dikenakan pajak pada tingkat biasa.

Kenaikan nilai emas bertepatan dengan devaluasi mata uang lokal. Banyak ahli ekonomi berpendapat bahwa emas hanya meningkatkan nilai ketika dollar adalah mendevaluasi atau inflasi yang kuat. Akibatya, kritikus merasa bahwa emas tidak menawarkan pengembalian yang memadai di pasar lain.

Kapan waktu yang bagus untuk berinvestasi emas?

Waktu terbaik untuk berinvestasi di emas adalah ketika inflasi diperkirakan akan memegang  dan berlaku menurunkan nilai mata uang nasional. Sebelum nya anda dapat mendeteksi tetes seperti, ruangan lebih anda harus membuat keuntungan. Terkemuka indicator seperti penurunan pasar saham dan kekacauan politik dapat menunjukkan devaluasi masa depan mata uang negara anda. Pengumuman oleh bank cadangan untuk mencetak mata uang lokal yang lebih juga dapat menunjukkan  waktu yang baik untuk berinvestasi di emas.

Ketika mata uang lokal lebih kuat, dan inflasi tidak di harapkan, tida ada banyka ruang untuk harga emas naik. Dengan mengatakan bhawa, jika ada harapan meningkatnya permintaan dari pasar yang membutuhkan emas, seperti perhiasan dan elektronik, mempertimbangkan investasi dalam emas untuk mendapatkan keuntungan dari tekanan harga potensial.

Praktek nya bagaimanapun, strategi investasi pasif membeli dan menahan mungkin yang terbaik bagi kebanyakan investor emas.

Investasi emas online sekarang bisa kita lakukan melalui online dan hanya dalam hitungan waktu kita bisa mendapatkan keuntungan melalui binary option.